Bidara (Pengertian, Manfaat dan Kegunaan)

Pengertian Bidara

Bidara atau widara (Ziziphus Mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering. Tanaman ini dikenal pula dengan berbagai nama daerah seperti widara (daerah sunda atau Jawa) atau dipendekkan menjadi dara (Jawa), dalam bahasa Arab Sidr.
Buah Bidara kultivar unggul diperjual belikan sebagai buah segar, untuk dimakan langsung atau dijadikan minuman segar. Di beberapa tempat, buah ini juga dikeringkan, dijadikan manisan. Buah muda dimakan dengan garam atau dirujak. Buah dari pohon yang meliar kecil-kecil dan agak pahit rasanya. Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.

buah_bidara
Buah Bidara Muda

Selain buah, biji, kulit kayu, dan akarnya juga berkhasiat obat, untuk membantu pencernaan dan sebagai tapal obat luka. Di Jawa, kulit kayu ini digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan di Malaysia, kulit kayu yang dihaluskan dipakai sebagai obat sakit perut. Kulit kayu bidara diyakini memiliki khasiat sebagai tonikum, meski tidak terlalu kuat, dan dianjurkan untuk penyakit lambung dan usus. Kulit akarnya, dicampur dengan sedikit pucuk, pulasari, dan bawang putih, diminum untuk mengatasi kencing yang nyeri dan berdarah (perlu dikonsultasikan kembali ke herbalis).

Apa itu Daun Bidara

daun_bidara
Daun Bidara

Daun bidara merupakan salah satu bagian di antara keseluruhan pohon, mempunyai manfaat dan yang kebanyakan digunakan di Indonesia terutama untuk ruqyah. Daun-daunnya yang muda dapat dijadikan sayuran. Daunnya yang tua bisa untuk pakan ternak. Rebusan daunnya diminum sebagai jamu. Daun-daun ini membusa seperti sabun apabila diremas dengan air, dan digunakan untuk memandikan orang yang sakit demam. Di Jakarta, daun-daun bidara digunakan untuk memandikan mayat.

Manfaat Daun Bidara

Berbicara tentang ruqyah, yaitu di antara manfaat daun bidara yang biasa dipakai di indonesia adalah ruqyah, sebuah metode penyembuhan dengan cara membacakan sesuatu pada orang yang sakit akibat dari ‘ain, sengatan hewan, bisa, sihir, rasa sakit, gila, kerasukan dan gangguan jin. Namun kita tidak akan membahas lebih lanjut soal ruqyah dengan daun bidara, karena sudah banyak artikel yang membahas mengenai hal tersebut, anda bisa membacanya di sini. Kami hanya menjelaskan bahwa daunnya bisa bermanfaat untuk ruqyah.

Nabawi herba sebagai distributor herbal di bekasi yang sudah berjalan dari tahun 2009, menjual macam-macam bentuk bidara yang sudah di olah dan bisa di manfaatkan langsung tanpa harus repot membuat sendiri dari bahan bakunya, tentu saja kami menjual produk jadi tersebut yang berasal dari produsen terpercaya InsyaAllah. Ada bentuk Kapsul, serbuk, sabun cair atau padat dan Shampoo.

aneka_produk_bidara_nabawiherba
Produk Bidara Nabawi Herba

Untuk jenis produk yang kami jual bisa dilihat di Katalog Herbal Nabawi Herba, atau bisa menghubungi langsung operasional kami jika ada pertanyaan seputar herbal lainnya di 081319000333 (Wa/telp/sms).

 

Leave a Comment